"Desa Mandiri Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur"

Artikel

Profil Desa

29 Juli 2013 17:46:44  Erwin  107 Kali Dibaca 
Bagian ini berisi informasi mengenai Profil Desa Mandiri.dasar penulisan profil ini Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar tertinggi dalam kehidupan bernegara. Profil desa merupakan amanat yang secara jelas dimandatkan dalam peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007.
    Profil Desa merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa meliputi: Data Dasar Keluarga,Potensi Desa baik potensi sumber daya alam,manusia,kelembagaan,sarana dan prasarana.
 
1. Potensi sumber daya alam: 
      Desa mandiri secara adminitrasi berada di Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu timur Sulawesi Selatan.dengan Batas-Batas Sebagai berikut:
sebelah Barat : Desa Sumber Alam dan Desa Kalpataru
sebelah Utara : Kelurahan Tomoni
sebelah Timur : Kelurahan Tomoni dan Desa Mulyasri
Sebelah Selatan: Desa Beringin Jaya
      Desa mandiri masyarakatnya kebanyakan berpenghasilan dari lahan perkebunan coklat,kelapa, dan kelapa sawit. adapun yang berdagang dan pegawai negeri sangat sedikit.Desa Mandiri  memiliki iklim sedang dan curah hujuan sedang yang relatif seragam di bulan Februari dan Maret adapun curah hujan tinggi berada pada bulan Oktober sehingga suhu di Desa Mandiri berada di sekitaran 27,3 derajat.
      Desa Mandiri berdasarkan data balai besar sumber daya lahan pertanian terbagi menjadi 2 jenis tanah yang diantaranya jenis tanah Inceptisols, Entisols sehingga cocok untuk lahan pertanian perkebunan dan holtikultura.
        Potensi sumper daya air di Desa Mandiri mengandalkan sumber daya air tanah.
Kondisi material  yang berupa material aluvium hasil proses fluvial menjadikan potensi air tanah di Desa mandiri menjadi tinggi. Potensi air tanah di desa ini banyak di manfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Ini dibuktikandengan keberadaan dari sumur tanah atau sumur gali yang banyak terdapat di desa ini.Sumber air tanah banyak di manfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air domestik warga untuk air minum, memasak, mandi, dan kegiatan domestik lainya
 
2. Sumber daya manusia:
     Potensi demografi merupakan salah satu aspek keunggulan di negara indonesia. Dengan banyaknya penduduk yang dimiliki oleh negara ini banyak yang berharap akan berdampak pada perkembangan Negara Indonesia dari berbagai bidang seperti pendidikan.Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilikl kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan tentu menjadi hal yang penting dalam konteks pengembangan potensi di suatu wilayah. Desa Mandiri memiliki lembaga sekolah baik swasta maupun Negeri mulai dari pendidikan TK,SDN,SDIT,SMPN,SMPIT,SMAN. sehingga masyarakat di Desa Mandiri rata-rata penduduknya memiliki pendidikan lulusan SMAN.adapun yang lulusan sarjana hanya beberapa persen saja dari total penduduk Desa mandiri.oleh karena itu pemerintah luwu timur dan pemerintah Desa Mandiri mengajak kepada generasi muda untuk meneruskan jenjang sarja dengan memberikan beasiswa kepada lulusan SMA/Sederajat.
 
3. Potensi Lembaga
        Lembaga atau institusi adalah wadah untuk mengamban tugas dan fungsi tertentu dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Lembaga pemerintahan merupakan lembaga yang memiliki peran dalam mengelola dan mengatur kegiatan permerintahan dari tingkat tertinggi sampai tingkat terendah. Oleh karena itu keberadaan lembaga desa merupakan wadah untuk mengamban tugas dan fungsi permerintahan desa. Tujuan penyalenggaraan pemerintah desa adalah untuk meningkatkan kesehjahteraan masyarakat, sehingga tugas pemerintah desa adalah memberikan pelayanan (sevice) dan pemberdayaan (empowerment) serta pembangunan (devlopment) yang seluruhnya di tujukan bagi kepentingan masyarakat. Lembaga Pemerintahan di Desa Mandiri berada pada tingkat desa yang terdiri dari 3 Dusun. Pimpinan tertinggi di Desa Mandiri di pegang oleh 1 orang kepala desa dan dibantu dengan 1 sekretaris serta dibantu pula oleh tenaga kepala urusan dan staf.Desa Mandiri membawahi 3 Dusun, dimana setiap dusun di Desa Mandiri dipimpin oleh 1 kepala dusun yang bertugas sebagai kepanjangan tangan dari kepala desa pada tingkat dusun. Kepala Dusun memeliki wewenang untuk mengatur kegiatan pemerintahan pada tingkat dusun dengan tetap memperhatikan instruksi dan arahan dari otoritas pemerintahan yang lebih tinggi yaitu Kepala Desa. Selain itu Kepala Desa di bantu oleh perangkat-perangkat desa.
 
4. Sarana dan Prasarana
       Prasarasna dan sarana terkait kebutuhan tranprotasi di Desa Mandiri tergolong baik, tandai oleh tersedianya akses berupa jalan aspal dengan kondisi baik. Disamping jalan aspal, jalan kolektor dari tiap dusun menuju jalan utama berada dalam kondisi baik.                Prasarasna komunikasi dan informasi yang terdapat di Desa Mandiri terbilang
belum lengkap hanya tersedia media – media elektronik digital. Akan tetapi Hampir seluruh rumah tangga di setiap dusun memiliki akses langsung terhadap media elektronik berupa televisi, radio, sehingga media telepon genggam, serta turut didukung oleh jaringan telekomunikasi yang memadai. 
          Secara garis besar prasarana dan penerangan di Desa Mandiri belum memadai. Hampir seluruh luasan Desa Mandiri memiliki prasarana penerangan, kecuali pada wilayah lahan kebun.Desa Mandiri juga telah menggunkan energi listrik di setiap rumah untuk kebutuhan peralatan elektornik. Energi listrik di Desa Mandiri berasal dari jaringan distribusi listrik yang dikelola langsung oleh Perusahaan Listrik Negara
           Selain sarana prasarana listrik desa Mandiri juga mempunyai sarana umum seperti: Masjid,Sekolah,Kantor Camat, Tempat Olahraga, Puskesmas.guna untuk mendukung roda pemerintahan di Desa Mandiri. 
 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa Mandiri

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

26 Agustus 2022 | 50 Kali
PERAYAAN 17 AGUSTUS DESA MANDIRI
26 Agustus 2016 | 65 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 45 Kali
Data Desa
24 Agustus 2016 | 24 Kali
Rapat Musrenbang Desa Mandiri Tahun 2023
24 Agustus 2016 | 20 Kali
Membangun Desa Lewat Gotong Royong
24 Agustus 2016 | 47 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 47 Kali
Pemerintah Desa
29 Juli 2013 | 107 Kali
Profil Desa
26 Agustus 2016 | 65 Kali
Sejarah Desa
26 Agustus 2022 | 50 Kali
PERAYAAN 17 AGUSTUS DESA MANDIRI
24 Agustus 2016 | 47 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 47 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 45 Kali
Data Desa
29 Juli 2013 | 30 Kali
Kontak Kami
20 April 2014 | 17 Kali
Undang Undang
30 Mei 2016 | 21 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 20 Kali
PERDES PHBS
30 April 2014 | 17 Kali
RT RW
24 Agustus 2016 | 20 Kali
Membangun Desa Lewat Gotong Royong
30 April 2014 | 20 Kali
Profil Potensi Desa
30 April 2014 | 16 Kali
Kelompok Tani

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : JL. Anggrek Dusun Kebun Rami 2 Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur
Desa : Mandiri
Kecamatan : Tomoni
Kabupaten : Luwu Timur
Kodepos : 92972
Telepon :
Email : pemdesmandiri1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:40
    Kemarin:31
    Total Pengunjung:24.154
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.138.202
    Browser:Mozilla 5.0